Akhirnya, Facebook Buka Kantor di Indonesia !

Situs jejaring sosial Facebook membuka kantor di Indonesia, tepatnya di Pacific Place, Jakarta. Wakil Presiden Facebook Asia Pasifik, Dan Neary bertemu dengan Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama untuk mengabarkan hal ini.


"Hari ini adalah hari yang sangat menggembirakan bagi Facebook karena kami membuka kantor di Indonesia. Kami menyampaikan kabar baik tersebut pada wagub," kata Neary di Balai Kota, Kamis sore, 20 Maret 2014.

Neary mengatakan, Indonesia adalah pasar istimewa bagi Facebook. Pembukaan kantor ini karena Indonesia adalah pasar keempat terbesar Facebook. "Kami sudah merekrut orang lokal," ujarnya tanpa mau menyebut jumlah tenaga kerja Indonesia di sana. "Kami tidak bicara angka secara spesifik. Tapi kami sedang merekrut banyak orang lokal. Ini cara tepat untuk mengembangkan pasar."

Situs yang dibidani Mark Zuckerberg ini memiliki 65 juta pengguna di Tanah Air. Itu berarti 90 persen dari pengguna Internet. Neary menyebut ini sebagai kesempatan besar untuk kerjasama dengan pemerintah maupun swasta, dan usaha kecil menengah. Ia juga akan fokus pada 80 persen penduduk yang belum terkoneksi ke internet.

Dia juga mengatakan saat ini tepat untuk berinvestasi di Indonesia. Ditanya kaitannya dengan tahun 2014 sebagai tahun politik di Indonesia, Neary menjawab diplomatis. "Saya rasa yang Facebook sediakan adalah kesempatan untuk berinteraksi dengan konstituen atau pemilih dengan cara yang sebelumnya tidak bisa dilakukan."

Atmi Pertiwi
source: tempo.co
Read More »»»

Hacker Asal Indonesia Bobol Situs Organisasi Internasional

Situs resmi Regional Integrated Multi-Hazard Early Warning System for Africa and Asia (RIMES) di kabarkan telah mengalami peretasan.

Dilaporkan oleh thehackernews situs tersebut diklaim telah di retas oleh hacker yang berasal dari Indonesia dari kelompok "Black Angels".


Rimes merupakan lembaga Internasional yang di kelola oleh negara yang tergabung untuk penerapan informasi peringatan dini di bagian Afrika.



Situs THN melansir bahwa hacker dari kelompok "black angels" ini memang tergolong kelompok hacker dari golongan tinggi, dimana mereka telah melumpuhkan beberapa situs internasional dengan keamanan tinggi.


Hacker dengan inisial Hmei7 dan Dbuzz berhasil mengganti tampilan website dan menginggalkan beberapa pesan.

source: blog-aand.blogspot.com/2014/03/hacker-asal-indonesia-bobol-situs.html
Read More »»»

Desa Ini Punya Matahari Tiruan !!

Di Italia, ada sebuah desa yang menarik wisatawan karena keunikannya. Bayangkan saja, desa yang ada di dalam lembah ini memiliki matahari sendiri. Bukan main!

Viganella adalah sebuah desa yang terdapat di dasar lembah yang ada di Piedmont, Provinsi Verbano-Cusio-Ossola, Italia. Hampir sepanjang tahun, desa ini tidak pernah disinari oleh matahari seperti wilayah lainnya di dunia. Pada saat musim dingin datang, masyarakat Viganella bisa merasakan dingin yang luar biasa.



Ide cemerlang muncul dari kepala Giacomo Bonzani, arsitek yang mencoba membuatkan matahari untuk Viganella. Awalnya, banyak kalangan yang membatah ide sang arsitek karena dinilai mustahil. Namun, Giacomo telah membuktikannya dengan mewujudkan semua yang ada di kepalanya tersebut.



"Tapi saya yakin. Saya percaya pada ilmu fisika," ungka Bonzani yang dikutip oleh detikTravel dari Oddity Central.

Bonzani membuat cermin raksasa yang bisa memantulkan cahaya matahari ke arah desa yang ada di dasar lembah. Cermin raksasa ini kemudian dijuluki oleh masyarakat Viganella sebagai matahari buatan.




Cermin tersebut dikendalikan oleh perangkat lunak komputer agar bisa melacak di mana sumber matahari dan bisa memantulkannya secara otomatis ke arah desa. Tidak hanya masyarakat Viganella saja yang bisa merasakan dampak dari sinar matahari tersebut, tapi juga para wisatawan yang penasaran atas ide kreatif ini.

Selain berfungsi menyinari desa, ternyata matahari buatan juga sudah menjadi destinasi wisata. Pengunjung yang datang tidak hanya dari Italia saja, tapi juga dari mancanegara. Lembah ini memiliki pemandangan yang sangat cantik lengkap dengan hawanya yang sejuk. Masyarakat Viganella juga sangat ramah dengan para pengunjung yang datang.



Sinar dari matahari buatan (Oddity Central)

Read More »»»

Pohon Paling Beracun Di Dunia

Pohon Paling Beracun Di Dunia ini tentu sangat banyak dan sebagian besar belum ditemukan keberadaannya. Beberapa dari pohon paling beracun tersebut kami temukan dari beberapa sumber:

English Yew


English Yew (cemara Inggris) atau taxus baccata, adalah salah satu pohon mematikan di muka bumi. Pohon yang hijau rimbun ini umum ditemukan di Eropa. Oleh para ilmuwan cemara ini dianggap sebagai pohon aneh, karena seluruh bagiannya sangat beracun kecuali kulit buahnya.

Karena racunnya memabukkan dan menyebabkan kelumpuhan, pernah digunakan untuk proses aborsi yang umumnya berakhir dengan kematian. Racun utamanya adalah taxine atau taxane dengan rumus molekul C20H36. Taxine merupakan suatu alkaloid pemicu terjadinya serangan jantung. Racun tumbuhan ini beraksi dengan cepat dan sampai saat ini belum ditemukan penawarnya. Struktur Taxane seperti pada Gambar.

Pada manusia dosis mematikan dilaporkan antara 50 dan 100 gram. Kayu tumbuhan ini juga beracun. Beberapa pembuat busur dianggap telah meninggal akibat penanganan kayu dalam kerajinan mereka.

Oleander



Oleander dengan nama Latin Nerium oleander adalah salah satu tanaman yang juga mematikan. Tanaman ini juga diketahui populer sebagai tanaman semak untuk hiasan. Banyak nama diberikan kepada bunga yang satu ini seperti zakum (Turki), zaqqum (Arab), arali (Tamil), jia zhu tao (Cina), atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama bunga mentega.

Sebutan ini tampaknya berasal dari kata “Olea” yang dalam bahasa Latin bermakna oil atau berminyak. Mungkin agak kurang enak didengar jika namanya menjadi “bunga minyak”, makanya disebut dengan bunga mentega. Tanaman ini dikenal akan kemampuannya memproduksi minyak yang bisa memenuhi lahan sekitar tempatnya tumbuh. Orang Sunda sendiri menyebutnya kere atau jure.

Hanya satu daun dapat menyebabkan kematian pada orang dewasa dan keracunan yang fatal bisa diakibatkan oleh kontak dengan rantingnya, bunga, dan buahnya. Tanaman ini mengandung sejumlah jenis racun meskipun telah dikeringkan, termasuk nerioside, rosagenin, oleandroside, saponins, dan cardiac glycosides. zat-zat tersebut merupakan zat yang dapat menyebabkan perlambatan denyut jantung dan gagal jantung.

Racun-racun tersebut terdapat pada semua bagian tanaman, namun umumnya terkonsentrasi pada bagian getah yang tampilannya berwarna putih seperti susu. Jika memapar kulit manusia, getah ini bisa menghalangi reseptor luar kulit manusia sehingga menyebabkan kulit jadi kebas atau mati rasa.

Meski tanaman ini berasal dari daerah Mediterania dan Asia, tapi saat ini sudah menyebar ke seluruh dunia. Keracunan ini juga diketahui juga umum terjadi pada kuda dan hewan ternak lainnya. Sekali menginfeksi, oleander secara simultan menyerang sistem kesadaran, sistem syaraf jantung, dan sistem pencernaan.

Cara pengobatan akibat keracunan Oleander ini adalah dengan merangsang muntah (induced vomitting), pembilasan lambung (gastric lavage), dan pemberian norit (activated charcoal). Permberian norit ini dimaksudkan untuk mengikat zat beracun tersebut sehingga menjadi netral untuk dikeluarkan dari tubuh. Cara yang perlu segera ditempuh, apabila perangsangan muntah tidak berhasil dilakukan, adalah dengan pemberian digoxin immune fab, suatu obat produksi dari GlaxoSmithKline.

Walaupun demikian, racun oleander tak mempan terhadap beberapa jenis hewan invertebrata (hewan tak bertulang belakang). Hewan-hewan tersebut menjadikan tanaman oleander sebagai sumber pakan mereka. Sebut saja ulat bulu oranye oleander caterpillar dengan bulu-bulunya yang hitam dan tawon oleander (Syntomeida epilais).

Keduanya termasuk kebal terhadap oleander dan bertahan hidup dengan cara memakan bagian bubuk kayu di sekitar jaringan vena daun oleander dan menghindari seratnya. Sementara kupu-kupu gagak atau common crow butterfly (Euploea core) memodifikasi racun oleander untuk menjadikan tubuhnya tidak enak atau tidak menyenangkan bagi para pemangsa, khususnya kelompok burung. Oleh sebab itu perlu berhati-hati, dalam memilih madu, sebab madu lebah yang mengisap nektar dari bunga Oleander ini juga beracun untuk dikonsumsi.

Water hemlock
 

Water hemlock atau cikuta maculata dikenal sebagai tanaman paling mematikan di Amerika Utara dan Eropa. Bunga, batang dan akar tanaman ini mengandung suatu senyawa yang beracun disebut cicutoxin dan sebagian besarnya terkonsentrasi diakar.

Walaupun dalam jumlah sedikit cicutoxin dapat menyebabkan kejang-kejang kemudian diikuti dengan kematian jika tubuh tidak mampu bertahan lagi. Kematian biasanya disebabkan oleh kegagalan pernafasan atau fibrilasi ventrikel dan dapat terjadi hanya beberapa jam setelah konsumsi.

Satu sampai dua gigitan akar tanaman sudah dapat menyebabkan kematian. Hal ini disebabkan akar tanaman ini menyerupai lobak atau termasuk tanaman jenis umbi-umbian sehingga sering salah dikonsumsi ole manusia. Tanaman ini, bukan hanya berbahaya bagi manusia tetapi pada hewan juga misalnya sapi.

Water hemblock adalah tanaman tahunan yang tumbuh didaerah berair dengan tinggi hingga 2,5 meter (8,2 kaki), memiliki bunga khas hijau atau putih kecil disusun dalam bentuk payung (umbel). Hingga saat ini belum ada obat penawar khusus untuk keracunan air hemlock dan pengobatan terutama terdiri dari perawatan suportif.

Manchineel

Mungkin inilah pohon paling beracun di dunia. Sebuah pohon bernama Manchineel diakui sebagai pohon paling beracun di dunia oleh Guiness Records. Saking berbahayanya, pohon ini diberi papan peringatan yang mencolok agar orang tidak mendekat.
 

Manchineel mengandung racun dalam berbagai level sehingga dihimbau untuk menjaga jarak degan pohon itu. Buahnya mirip apel kecil, tapi hanya menggigitnya satu kali Anda bisa masuk UGD. Tak heran buah itu dinamai manzanita de la muerte alias buah kematian oleh Christopher Columbus.

Nicola H Strickland, konsultan radiologi, pernah menjadi korban racun pada buahnya yang ternyata rasanya manis. "Lama-lama ada rasa pedas aneh di mulut yang berkembang menjadi terbakar seperti tenggorokan dirobek dan sesak nafas," tuturnya. Efeknya bertahan 2 jam yang membuatnya tidak bisa menelan apapun dan butuh 8 jam untuk reda kembali ke normal.

Tak hanya buah, getah putih susu pada batangnya juga sangat beracun yang setetesnya saja bisa menyebabkan kulit lecet, dermatitis, bengkak atau luka bakar. Banyak traveller yang mengalaminya saat berteduh dari hujan di bawah Manchineel karena tidak tahu bahayanya. Getah dari batang yang terbawa tetesan hujan pun juga menyebabkan luka.

Manchineel berwana hijau terang, daun oval dan dapat tumbuh setinggi 50 kaki serta menggunakan buah yang manis sebagai jebakan. Jenis ini biasanya tumbuh di Bahama, Florida dan Karibia. Asap dari bagian Manchineel yang terbakar bahkan juga bisa menyebabkan kebutaan sementara hingga permanen.

source: anehdidunia.com
Read More »»»

Waspada, kejahatan baru di jalan raya - dengan mencatat no plat kendaraan anda!!

Halo masbro,,,,tadi plng jumatan dikelapa gading, lagi jalan bareng-bareng, ada temen bilang …tuch-tuch liat penjahat modus baru tuch..nongkrong-nongkrong di pinggiran jalan sambil catet-catet no plat nomer mobil- motor…ati-ati loh...


gw lihat-lihat ciri-cirinya :

- nongkrong di pinggiran jalan diatas motor
- 2-3 motor, terdiri dari 4-5 orang
- rata-rata menggunakan HP komunikator..( kenapa bisa yah)
- rata-rata berwajah keras, agak sangar..( no offense yah)

baru kepikiran moto setelah jauh, kapan-kapan mo coba gw foto…

gw sendiri kurang tau, dan cari-cari di Internet ternyata nemu:
silahkan baca aja masbro :

"Assalamualaikum.. Bapak-bapak dan Ibu sekalian..

Mau share pengalaman aja nih atas kejadian tindakan kriminal yang terjadi sejak awal 2013 kemarin.

Mungkin Bapak dan Ibu sudah pernah mendengar ‘Debt Kolektor PARA Finance?’ ya.. menurut pengetahuan saya. mereka adalah komplotan para penjambret/perampas dengan cara Halus dan mengaku-ngaku perusahaan PARA Finance produk dari Bank Mega. Namun menurut sahabat saya yang karyawan Bank Mega. Para Finance sudah Bangkrut. dan berganti menjadi Mega Finance.

Komplotan ini pertama terlihat di daerah Daan Mogot. Meluas ke Kebun Jeruk dan Kembangan. dan belakangan saya sudah 2 X di berhentikan Paksa oleh mereka di daerah Sandratex (Rempoa) dan Kampung Utan.

Salah satu dari mereka sepertinya ada yang residivis (mantan) karyawan PARA Finance. sehingga mereka mempunyai Buku rangkap PARA Finance dan Buku tebal yang berisikan Data Plat nomor kendaraan-kendaraan entah dari mana. Cara mereka beraksi. biasanya mereka menunggu di Pinggir jalan. sambil melihat-melihat Plat nomor motor yang lewat (biasanya yang bertampang Lugu dan Motor tahun 2009/Up yang masih Standart akan langsung di Kejar) dengan 2 orang berboncengan. yang di bonceng langsung mencatat Plat Nomor kendaraan yang kita pakai. dan langsung di berhentikan paksa. Setelah kita berhenti, biasanya ada 2-3 motor (3-5 orang lagi yang datang berkerumun. Mereka tidak menggunakan kekerasan. 

Tapi dari cara mereka mengintrograsi dan menyudutkan kita. terkadang Takut dan Khawatir sudah pasti. Dan mereka sering juga membentak kalau Motor yang kita pakai itu ada masalah Kredit di PARA Finance. (Walaupun motor yang anda beli Cash / leasing Finance lain). dan mereka selanjutnya berinteraksi lewat telepon dengan temannya jika tidak berhasil mengelabui kita dan minta di Bawa ke Kantor (yang pastinya sudah nggak ada! kan udah bangkrut.) Kabur / tancap Gas bukan pilihan yang Baik. karena sempat Nyokap di Kejar dari Careffour Ciputat. sampai ke Garasi rumah. dan menggedor-gedor pagar rumah. untung saya tepat pulang dan bisa mengatasi situasi karena sudah berpengalaman 8 X di berhentikan paksa mereka (6 X daerah Jakbar sana. dan 2 X di Ciputat). Padahal dengan 3 motor yang berbeda. karena memang mereka mengejar motor secara random dan berharap dapat 1 korban dari beberapa pengejaran.

tips-nya

Jika anda di berhentikan Paksa di Jalan. Menepilah di tempat yang ramai (karena kalau Sepi, bisa-bisa mereka Nekat). Cabutlah kunci Motor dan Kantongi. serta langsung buka pembicaraan (‘PARA Finance ya??’) biasanya mereka langsung kehabisan kata-kata dan nggak akan se-SOK Galak kalau kita PANIK. Jika mereka beramai-ramai. tetap tenang dan jika mereka mengeluarkan Data (bertuliskan tulisan tangan), apapun yang sebenarnya, Bilang saja (berbohong) kalau anda beli Motor nya Cash di dealer yang anda tahu alamatnya. dan Bilang BPKB asli ada di rumah. kalau tidak percaya, ajak saja kerumah (mereka pasti menolak kok. Dijamin). Jika mereka ingin mengecek keabsahan motor. silahkan beri mereka kesempatan melihat ketrikan nomor mesin dan nomor rangka motor kita. Lalu tanyakan ke mereka, siapa Pemilik motor anda di data mereka (Pasti beda kok. orang mereka baru nyatet Plat nopol kita pas pengejaran). jangan sampai Data STNK anda di Catat/ di tulis mereka. cukup kasih lihat mereka sepintas. kalau bisa. Fotolah saat mereka mengecek nomor mesin dan Rangka motor kita. (ini bisa saya gunakan sebagai senjata dan kasih liat mereka kalau kita pernah di berhentikan PARA Finance, dan ternyata Data mereka SALAH!. mangkanya 7 dari 8X di berhentikan saya tidak di cek-cek nomor mesin dan rangka lagi).

Beberapa hal yang perlu anda ingat, mereka punya Nametag / ID Card PARA Finance Asli. Buku Rangkap Kopi ber-Kop PARA Finance juga. Dan surat tugas asli (tapi Plat nomor dan Merk motor kita pasti tulisan tangan. hehe). jadi Walaupun kita teriak ke orang lain dan minta tolong. atau bahkan lari ke Kantor Polisi. mereka tetap berani mengejar kita dan menghadapi Polisi lho.. (berdasarkan curhatan di dunia maya salah satu korban mereka di Daan Mogot akhir 2012 silam yang tetap di kejar sampai ke Kantor Polisi). Tapi mungkin sekarang beberapa Polisi sudah mengetahui kalau ini Kasus penipuan.

Tetap Waspada kepada Bapak dan Ibu sekalian. Kejahatan terjadi karena adanya Kesempatan.. semoga kita tetap aman dan terlindungi dari segala jenis tindak kejahatan. ( amin )

Wassalam.."

suer nih gw bingung ngasih judul nya….semoga berguna masbro yah…kalo ada info dari teman-teman silahkan di share, dan cara penganggulangannya tentunya…walaupun kita belom tahu kebenenaran, apakah yang bersalah si pemilik motor atau bukan, atau kah instansi tersebut memang legal atau illegal – ada info terbaru ternyata para debt collector juga melakukan hal sama ( legal ini loh bro) dalam mencari motor nunggak/bodong/gak bayar.
Intinya walaupun kita jgn negatif thinking dulu setidaknya kita bisa aware dan waspada selalu, jangan lupa berdoa sebelum melakukan perjalanan.thanks masbro..

sumber : temans seperjalanan jumatan, Nerada, Goggle
source: wisnu3ds.wordpress.com
Read More »»»

Yahoo Mulai Gunakan HTTPS Sebagai Enkripsi Standar Untuk Yahoo Mail

Seperti yang telah dijanjikan sebelumnya, akhirnya Yahoo mulai saat ini telah secara otomatis dapat melakukan enkripsi layanan koneksi pengguna Yahoo Mail ke layanan berbasis jaringan HTTPS. Sejak Selasa (07/01/14), Yahoo telah mengumumkan bila layanan berbasis jaringan HTTPS sebagai layanan standar untuk semua pengguna jaringan tersebut.


Diperkirakan baru diluncurkan pada 8 Januari, ternyata Yahoo telah mengumumkan layanan tersebut sehari lebih cepat. Dengan pembaruan tersebut, dilansir dari Cnet, Selasa (07/01/14), Website Yahoo kini menggunakan 2.048-bit enkripsi untuk mengamankan sertifikat yang digunakan untuk mengatur komunikasi terenkripsi antara server dan browser di situs web.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya Yahoo untuk memperkuat situs web hingga melakukan enkripsi terhadap seluruh produknya dalam menanggapi kekhawatiran tentang pengawasan yang dilakukan pemerintah Amerika Serikat (AS) di internet.

Sejak kebocoran data rahasia yang dilakukan oleh Edward Snowden seorang mantan kontraktor NSA dengan menunjukkan koleksi metadata email dan komunikasi via internet yang dimiliki NSA. Sejak kejadian itu, beberapa raksasa teknologi telah merespon dengan melakukan pengawasan baik resmi maun ilegal secara aktif, signifikan, dan lebih keras.

Google juga diketahui telah menjalankan langkah serupa sejak November lalu guna meningkatkan keamanan informasi yang mengalir antara pusat data, sementara Microsoft dan Facebook telah mengumumkan rencanya untuk beralih ke penggunaan enkripsi 2.048-bit yang lebih kuat dalam waktu dekat.

(ZF/AS)
source: jeruknipis.com
Read More »»»

Pulau yang Tiba-tiba Muncul di Jepang Berkembang 3 Kali Lipat

Fenomena alam tak biasa terjadi 20 November 2013 lalu, letusan gunung berapi memunculkan pulau baru berdiameter sekitar 200 meter di gugusan pulau kecil tak berpenghuni di Ogasawara (Kepulauan Bonin) lepas pantai Nishinoshima, Jepang. Sekitar 600 km sebelah selatan Tokyo.

Lebih dari sebulan berlalu, pulau itu masih ada. Bahkan ukurannya berkembang jadi 3 kali lipat! Ia juga sudah punya nama: Niijima.

Awalnya, para ilmuwan tak yakin sampai kapan pulau itu bertahan, sebab, pulau vulkanik sejenis cenderung hilang ditelan lautan dalam waktu tak lama.

Namun, Niijima berbeda. Ia makin bertambah luas menjadi 56 ribu meter persegi -- 3 kali lipat ukuran aslinya -- sebagai akibat dari erupsi terus-menerus dari gunung api di bawahnya..




Badan Meteorologi Jepang atau Japan Meteorological Agency mengatakan, permukaan Niijima naik sekitar 80 kaki atau 24 meter di atas permukaan air laut. Para ilmuwan Negeri Sakura yakin, dengan besaran itu, pulau tersebut cukup besar untuk bertahan selama beberapa tahun.

Gambar satelit Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang diambil pada 8 Desember 2013 menunjukkan, Niijima berada dalam jarak 500 meter dari Pulau Nishino Shima yang tak berpenghuni.

Gambar satelit NASA juga menangkap perubahan warna air yang disebabkan oleh mineral vulkanik. Awan uap dan gas juga dapat dilihat.

Massa batuan dan tanah Niijima terangkat dari laut menyusul letusan kuat di lokasi yang dijuluki Ring of Fire atau 'cincin api' itu.

Meskipun wilayah tersebut secara teratur mengalami diguncang lindu dan letusan, jarang yang sekuat itu. Bahkan, pembentukan Pulau Niijima adalah fenomena kali pertama yang terjadi dalam kurun waktu 30 tahun.

Teritori Baru?

Niijima terdiri dari lava vulkanik dan batuan yang terangkat paksa dari dasar laut. Volkanolog mengklaim suhu batuannya bisa mencapai mencapai 1.000 derajat Celcius.




Penjaga pantai telah memperingatkan pelaut untuk berhati-hati di wilayah sekitarnya dan menghindari Niijima sampai panas dari letusan mendingin.

Para ahli menambahkan bahwa eksistensi pulau tersebut mungkin tidak berlangsung lama karena faktor pengikisan air laut. Sebaliknya, bisa jadi permukaan lava vulkanik dan membeku itu bisa membuat penanda baru di peta. Menjadi pulau permanen.

Letusan serupa pada awal tahun 1970 dan 80-an menciptakan pulau kecil di wilayah Jepang yang menghilang tak lama kemudian.

"Jika ini menjadi sebuah pulau yang solid, teritorial negara kita akan berkembang, "kata Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga, seperti dimuat Daily Mail, 24 Desember 2013.

Pada bulan September sebuah pulau baru yang serupa muncul di lepas pantai Pakistan.

Hanya setengah jam setelah bumi berguncang hebat akibat gempa 7,8 skala Richter, pada Selasa 24 September lalu, kejutan lain menanti warga kota pesisir Gwadar. Mereka melihat pulau baru muncul di laut, hanya 1 kilometer dari pantai.

source: news.liputan6.com
Read More »»»

Alasan Kenapa Kaki dan Ketiak Gampang Geli

Ketiak dan telapak kaki hampir sebagian besar orang menjadi bagian tubuh yang paling tidak tahan geli. Kenapa dua bagian ini paling sensitif dan tidak tahan jika digelitik atau disentuh?

Beberapa orang mungkin memiliki bagian sensitif yang berbeda, karena pada titik tersebut menghasilkan refleks geli dengan derajat yang bervariasi atau bahkan tidak sama sekali. Seseorang mungkin memiliki daerah sensitif dimana orang lain tidak merasakan apapun.


Telapak kaki dan ketiak merupakan dua daerah dalam tubuh yang paling sensitif bagi kebanyakan orang. Hal ini karena pada telapak kaki memiliki konsentrasi Meissner’s corpuscles yang lebih tinggi. Ujung dari saraf ini akan membuat telapak kaki memiliki kadar geli yang lebih tinggi daripada bagian tubuh lainnya, seperti dikutip dari health.

Biasanya tempat yang paling geli adalah tempat yang sangat rentan terhadap serangan, setidaknya di sekitar bagian atas tubuh. Pada bagian ketiak mengandung pembuluh darah dan arteri, serta memungkinkan akses leluasa ke jantung karena tulang rusuk sangkar tidak lagi memberikan perlindungan kepada rongga dada di sekitar ketiak.

Hal yang sama juga berlaku pada bagian tubuh yang geli lainnya seperti leher. Karena tidak ada perlindungan dari tulang, maka secara otomatis seseorang akan bereaksi ketika daerah tersebut disentuh oleh orang lain. Sebagai tambahan, saraf reseptor yang dekat dengan permukaan kulit akan membuat sensitifitasnya makin tinggi.

Selain itu, leher juga mengandung bagian-bagian penting. Seperti karotid yang akan memasok darah ke otak serta batang leher yang membawa udara ke paru-paru juga terletak dibagian depan leher.

Peneliti juga menunjukkan bahwa cerebellum (otak kecil), yang merespons sentuhan akan menunjukkan aktivitas yang lebih saat diberi sentuhan yang mendadak dibandingkan dengan sesuatu yang telah diantisipasi. Jika otak sudah bisa mengenali sentuhan yang akan datang, hal ini akan membuat saraf respons tidak terlalu intens. Makanya seseorang tidak akan pernah berhasil menggelitik diri sendiri.

Seseorang yang tertawa saat digelitik dipengaruhi oleh faktor sosial, karena orang akan tertawa jika yang melakukan sentuhan tersebut adalah seseorang yang dekat atau sudah merasa nyaman satu sama lain seperti orang tua, sahabat, atau teman. Namun, jika yang melakukannya adalah orang lain, responsnya bukan tertawa tapi bisa saja menjadi marah

source: beritaunik.net
Read More »»»

Main Ayunan Ditepi Jurang yang Mendebarkan Di Ujung Dunia

Di tepi Ekuador, di jalan ke Bellavista, terdapat sebuah stasiun monitoring kegiatan seismik yang disebut 'La Casa del Árbol' atau' The Treehouse'.


Tepat di sebelah struktur bangunan sederhana, terdapat sebuah ayunan yang tampak sederhana yang menggantung huyung di tepi ngarai. Ayunan ini bebas digunakan dan terbuka untuk 'pencari sensasi' atas resiko mereka sendiri.

Bermain ayunan memang sngat menyenangkan, terutama sewaktu kita masih kanak-kanak. Namun di wilayah Bellavista, puncak Banos, Ekuador, terdapat ayunan di tepi jurang yang menggantung pada sebuah rumah pohon yang bernama La Casa del Arbol.


La Casa del Arbol merupakan bangunan rumah di atas cabang-cabang pohon, yang terletak di puncak bukit dan memiliki pemandangan luar biasa indah.

Meski pemandangan indah membuat pengunjung betah berada disana, tapi bagi para pecandu adrenalin, La Casa del Arbol juga menawarkan wahana ekstrim, yaitu sebuah ayunan yang bergantung di atas jurang.


Menurut Odditycentral.com, Anda akan berayun dengan melihat pemandangan indah sekaligus menyeramkan di depan mata. Sepertinya sangat sulit dibayangkan jika berayun di atas jurang yang hanya bertumpu pada tempat duduk logam dan tanpa ada perangkat pengamanan. Anda berani mencobanya? (**)

source: fokusjabar.com
Read More »»»